RSS

Wisata Padang

1. Pantai Padang

Padang.1

Berkunjung ke kota padang jangan lupa mampir ke pantai padang yang lokasinya dekat dengan pusat kota. lokasi yang dekat dengan pusat kota dan tempat yang indah, menjadikan pantai padang sebagai temapat referensi nongkrong dan tempat wisata masyarakat kota padang dan sekitarnya. paling mengasyikkan jika kita kepantai padang pada sore hari, kita bisa melihat dan menikmati matahari terbenam sambil mencicipi makanan dan minuman ringan di tepi pantai.

2. Museum Adityawarman

Padang.2

Museum Negeri Provinsi Sumatera Barat mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Pada tanggal 28 Mei 1979,Museum tersebut diberi nama “Adityawarman”. Nama adityawarman diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau, sezaman dengan Kerajaan Majapahit pada masa Patih Gajah Mada. Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di Sumatera Barat. Museum tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya Minangkabau,cagar budaya Mentawai dan cagar budaya Nusantara.untuk menjaga kelestarian koleksi benda-benda bersejarah tersebut, pemerintah setempat membentuk tim kecil yang bertugas sebagai tenaga educator,konservator,preparator dan pustakawan.

3. Kota Tua / Muara Padang

Padang.3

Kawasan ini merupakan gabungan dari pelabuhan tua Sungai Batang Arau (BA) alias Muaro dengan beberapa bangunan lama kolonial Gunung Padang, dan sebuah Klenteng yang berumur sekitar 200 tahun.

4. Jembatan Siti Nurbaya

Padang.4

Selain sebagai cerita rakyat yang melegenda, Siti Nurbaya juga diabadikan sebagai nama salah satu jembatan yang terdapat di kota Padang. Jembatan ini menghubungkan daerah Muaro dengan Kampung seberang padang. Jembatan ini tepatnya berada di daerah kota tua nya Padang.Yang unik dari jembatan ini, di kiri kanan jembatan disediakan akses untuk pejalan kaki dan lampunya jika diperhatikan membentuk kombinasi rumah gadang. Dan jembatan ini akan terlihat lebih cantik di malam hari, dimana lampu-lampu tersebut akan berbentuk rumah bagonjong/rumah gadang ciri khas bangunan di Sumatera Barat khususnya ranah minang. Konon kabarnya, di bukit yang kelihatan diatas yang disebut Gunung Padang, disanalah Siti Nurbaya dan Syamsul Bahri dikubur, dan mungkin dikarenakan itu juga jembatan ini dinamakan jembatan siti nurbaya, karena menuju bukit dimana ada kuburan siti nurbaya. Dari atas Jembatan pada siang hari kita bisa melihat pemandangan Gunung Padang dan sorenya juga bisa melihat sunset dan dibelakangnya kita bisa melihat pemandangan kota tuanya Padang, kota jaman kolonial Belanda serta kapal-kapal nelayan yang merapat. Pada malam hari kita bisa duduk-duduk sambil makan jagung bakar diatasnya. Hmm, tidak usah takut tidak bisa jalan kaki diatasnya, jalur pedagang dan jalur pejalan kaki telah disediakan.

5. Mentawai

Padang.5

Mentawai adalah nama sebuah kepulauan terletak ±150 km di Samudera Hindia yang terdiri dari beberapa pulau utama yaitu Pulau Siberut, Sipora, Kepulauan Pagai Utara, dan Kepulauan Pagai Selatan (masing-masing memiliki pulau-pulau kecil) yang dihuni oleh masyarakat suku Mentawai di lepas pantai Sumatera Barat, sekaligus nama kabupaten. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 601 km² dan populasi 64.235 jiwa. Ibu kotanya berada di Tuapejat. Kabupaten ini terbagi menjadi empat kecamatan dan 40 desa. Pulau Mentawai populer dengan gulungan ombaknya yang sangat digemari para peselancar. Oleh berbagai organisasi selancar, ombak di Mentawai dinilai sebagai terbaik ketiga sejagat setelah Hawaii dan Tahiti. Disebutkan pula bahwa pulau Mentawai mempunyai 400 surf spot, bagi yg gak bisa surfing jangan khawatir karna selain ombak yg bagus untuk surfing disana pantainya juga indah.

6. Sikuai Resort

Padang.6

Pulau terbesar dari gugusan pulau di Padang, berbagai fasilitas wisata dapat anda nikmati di resort ini, pasir putih, kesunyiannya sesekali di iringi debur ombak dan kicauan burung yang terbang di pantai dijamin akan menghilangkan kepenatan dan rasa sumpek anda setelah sebelumnya menjalani berbagai rutinitas. Anda juga dapat tracking mengelilingi pulau ini, jika anda belum puas anda dapat berperahu melihat pulau-pulau lain yang berdekatan, yang masih menyajikan terumbu karang yang eksotis.

7. Pantai Air Manis

Padang.7

Terletak 10 KM arah selatan Kota Padang atau Di balik Gunung Padang (jika jalan tembus dari jembatan Siti Nurbaya dapat terealisasi jarak kesini akan menjadi 4 KM saja dari pusat kota, ada Pulau Pisang Ketek (Pisang Kecil) di depannya, lalu di sini terdapat juga Batu si Malin dari Legenda Malin Kundang. Anda bisa melakukan trekking dari Sungai Batang Arau ke sini dengan menyusuri Gunung Padang (gunung ini sebenarnya hanya setinggi bukit jadi jangan takut dulu membayangkan medan yang berat), ke Pantai Air Manis ini di tengah perjalanan anda akan menemukan makam Siti Nurbaya.

8. Teluk Bungus

Padang.8

Satu lagi kawasan wisata alam di Indonesia yang keberadaannya seolah belum terekspos ke permukaan. Teluk Bungus begitu nama daerah ini terletak sekitar 20 kilometer di sebelah selatan kota padang. Untuk mencapainya harus melalui jalan ke Teluk Bayur dan terus ke arah selatan melalui jalan berliku di perbukitan di tepi pantai. Luar biasa indah pemandangan di sepanjang jalan menuju bukit ini, nampak membentang pemandangan ke arah lautan Hindia. Birunya langit berpadu dengan hijaunya bukit dan air laut yang membentang membuat siapapun akan terpukau. Teluk Bungus merupakan sebuah teluk yang cukup luas bahkan lebih luas dari teluk bayur yang terkenal. Nah, Teluk Bungus ini merupakan objek wisata yang sangat populer di kota padang, walaupun untuk wisatawan diluar padang belum terlalu mengenalnya Dikelilingi oleh perbukitan, bibir pantai Teluk Bungus terlihat agak sempit di bagian utara dan selatan. Jalan masuk ke pantai di teluk ini terletak di bagian tengah teluk, menurun dari bukit ke arah pantai yang lebih lebar di bagian ini.Selain sebagai pelabuhan pendaratan Tuna, Pelabuhan Bungus juga adalah gerbang menuju Pulau Sikuai. Pengunjung yang datang biasanya memanfaatkan waktu untuk berenang dan menyelam sambil menikmati indahnya panorama dasar laut. Tak jarang pula yang bersenang-senang dengan memancing Di sisi sebelah utara ada perkampungan nelayan, dan orang juga dapat melihat perahu nelayan yang beriring-iring dari sini menuju ke tengah laut untuk mencari ikan. Di bagian tengah yang lebih luas dan landai banyak terdapat bungalow dan villa, tempat orang dari kota Padang datang menginap di akhir pekan. Suasana di Teluk Bungus lebih tenang dibandingkan dengan suasana kota Padang yang sibuk dan ramai. Dinas pariwisata pemerintah daerah menjaga benar keindahan dasar laut di teluk ini karena pemandangannya sangat menyenangkan bagi para pelancong. Penggunaan speed boat dan perahu bermotor di larang agar tidak mencemari laut. Disini pelancong bisa juga berlayar dengan menggunakan perahu layar tanpa mesin. Atau mereka dapat menyelam ke dasar laut di bagian pinggir yang hanya sekitar dua atau tiga meter dalamnya. Bagian dasar laut ini ditumbuhi terumbu karang berwarna warni dan banyak ikan berukuran kecil sampai sedang bermain di sela-sela karang.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: