RSS

Wisata Solok

1. Danau Diatas

Solok.1

 

Danau di Atas terletak di Kecamatan Lembah Gumanti pada dataran tinggi Alahan Panjang. Lokasinya ± 25 km sebelah timur ibukota Kabupaten Solok Kayu Aro kearah Muara Labuh ( Sungai Pagu ). Danau seluas ± 17,19 ha. Ini dikelilingi oleh lahan pertanian hortikultura seperti sayur sayuran dan buah-buahan. Perjalanan menuju daerah wisata ini bisa ditempuh dalam waktu ± 1 jam dari kayu aro dan ± 1,5 jam dari Padang, ibukota propinsi Sumatera Barat. Bila menggunakan angkutan umum, danau ini bisa dicapai dalam ± 2 jam perjalanan dari Terminal Bareh Solok – Kota Solok. Jalan raya menuju danau ini mulus dan sepanjang perjalanan anda bisa menikmati pemandangan pedesaan dan perkebunan teh yang indah.

Rancakbana! Itulah kata yang di ranah minang untuk mengekspresikan sesuatu yang indah. Riak-riak air yang bergemericik, hamparan pohon rimbun yang membentang, udara pegunungan yang sejuk dan segar menembus pori-pori kulit, kicau burung yang kerap terdengar dan sesekali seekor elang terbang melintas membelah langit, menjadi awal relaksasi yang cukup menyegarkan dan membawa jiwa melayang dalam kedamaian. Therapy rejuvenation yang tidak memerlukan konsep apapun selain hanya diam terpaku menikmati kontur alam sekeliling yang mempesona.

Bila merasa berkunjung saja belumlah cukup, untuk penginapan anda bisa menggunakan guest house, villa, wisma atau penginapan yang lain dengan harga yang terjangkau dan lokasi yang tenang jauh dari kebisingan. Salain itu sekarang ini tengah dibangun cottage cottage modern dengan fasilitas yang lengkap dipinggiran danau ini. Cottage cottage ini bisa disewa secara berkelompok ataupun perorangan. Cottage cottage ini dibuat sedemikian rupa sehingga akan lebih menghangatkan suasana rekreasi anda. Letaknya yang strategis di sekitar tepi danau dan dapat langsung menikmati eksotisme Danau di Atas. Apalagi disekitar tepi danau ini pun banyak terdapat coffee shop untuk melengkapi kenikmatan wisatawan yang bertandang. Paduan pegunungan hijau, kabut tipis serta riak danau menambah suasana semakin syahdu dan tenteram sambil minum secangkir Kopi Solok yang tak diragukan lagi kenikmatnya yang terkenal.

2. Danau Dibawah

Solok.2

 

Danau seluas ± 16,83 ha ini terletak ± 1 km di sebelah selatan Danau di Atas. Lokasinya yang boleh dikata berdampingan dengan Danau di Atas menyebabkan kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Kedua danau ini bisa dilihat secara bersamaan dari puncak suatu bukit yang berada diantara kedua danau. Dipuncak bukit ini terdapat sarana wisata yang telah dibangun oleh pemerintah Kabupaten Solok untuk memberikan kenyamanan anda dalam menikmati keindahan danau kembar ini.

Danau ini dikelilingi oleh perbukitan dataran tinggi yang berhawa dingin. Hamparan danau ini berada kecamatan danau kembar. Penduduk sekitar danau sebagian besar adalah petani. Umumnya mereka menanam tanaman hortikultura sebagai mata pencaharian utama. Danau kembar merupakan tempat rekreasi yang sangat mengesankan dengan panorama yang indah serta suasana pedesaan yang sangat asri. Dataran tinggi dan bukit bukit disekitarnya sangat cocok untuk penggemar olahraga travelling, hiking, camping dan juga sebagai tempat rekreasi keluarga. Kota terbesar di daerah danau kembar ini adalah Alahan Panjang yang berjarak ± 65 km dari kota padang. Disini tersedia sarana umum yang cukup lengkap dengan harga terjangkau.

3. Danau Singkarak

Solok.3

 

BERKUNJUNG ke Sumatera Barat belum lengkap rasanya tanpa menyempatkan ke Danau Singkarak. Daerah dengan hamparan pasir yang landai mengundang Anda untuk bercumbu dengan riaknya air danau yang terasa dingin menjilat jemari lembut Anda. Benar-benar pesona yang tidak akan terlupakan.

Anda layangkan pandangan ke arah jalan raya, terlihat jajaran pohon yang menghijau di sepanjang pinggiran danau. Di samping indah, Danau Singkarak juga cocok digunakan sebagai tempat olahraga (sport tourism) seperti di darat bisa untuk jalan santai, jogging, ataupun senam.

Di danau untuk olahraga berenang, fishing, dayung dan olahraga udara, seperti paragliding, terjun bebas, parasailing, atau paralayang yang melayang di udara bebas dengan pemandangan yang indah.

Selain pemandangan yang indah, Danau Singkarak juga memiliki keistimewaan yang lebih dibandingkan danau lainnya di dunia. Berbagai jenis ikan hidup pada danau air tawar itu.

Setidaknya, saat ini ada 19 jenis ikan, seperti ikan asang, piyek, balingka, baung, dan ikan sasau, yang konon dapat mencapai ukuran berat hingga 8 kilogram. Juga ada spesies ikan langka yang mungkin hanya satu-satunya di dunia. Spesies ini bernama ikan bilih (Mystacoleucus Padangensis).

Ikan bilih hanya ada satu-satunya di Danau Singkarak. Ikan yang terkenal gurih ini akan menjadi oleh-oleh tidak terlupakan. Bagi warga sekitar, ikan ini menjadi sumber mata pencarian.

Namun karena ikannya makin langka, harganya pun lumayan bervariasi. Para nelayan di Danau Singkarak, ikan itu dijual dengan harga Rp15 ribu per kilogram. Akan tetapi, kalau sudah masuk ke pasar, harganya meningkat menjadi Rp50 ribu per kilogram.

Bila sudah lelah bercumbu dengan air danau dan lapar datang, Anda tidak akan kesulitan mencari makan-makan khas danau Singkarak, baik itu pangek sasau yang terkenal enak, maupun goreng bilih yang tersedia di warung-warung makan di sekitar Danau Singkarak.

Tetapi bila Anda membawa bekal dari rumah, tinggal membentangkan tikar dan menikmati makanan tentu akan terasa lebih nikmat, makan di pinggir danau berair jernih ditemani ikan-ikan bilih yang berenang sesuka hati serta riak-riak kecil air.

Bagi Anda yang membawa anak-anak untuk berwisata ke Danau Singkarak disarankan tidak berhenti di sepanjang jalan di pinggir danau, tetapi mengunjugi objek wisata Tanjung Mutiara yang terdapat di Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan. Tanpa mengurangi keindahan alam yang memesona, Anda dan keluarga dapat bermain air dengan tenang dan nyaman.

Sementara bagi penyuka olahraga sepeda, dapat mengelilingi Danau Singkarak sambil menikmati keindahan pemandangan yang begitu memesona; hamparan sawah, nyiur melambai, nelayan dan kesibukannya mencari ikan, dapat Anda saksikan di sepanjang jalan yang melingkari danau tersebut.

Untuk mencapai danau seluas 129.70 kilometer persegi ini sangatlah mudah, baik dengan mengunakan angkutan umum maupun pribadi. Dari bandara internasional Minangkabau hanya ditempuh waktu dua jam perjalanan dan Harga yang cukup murah untuk suatu keindahan tiada tara persembahan wisata alam Tanah Datar.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: