RSS

Wisata Padang Panjang

1. Lembah Anai

Padang Panjang.1

 

Anai Golf and Mountain Resort ( Anai Resort ) terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia yang terkenal karena keindahan alam pegunungan berhutan tropis. Dari Bandara International Minangkabau (BIM) hanya berjarak 40 km menuju kota Bukittinggi atau sekitar 1 Jam perjalanan memakai kendaraan.

Anai Resort seluas 400 ha terletak dikaki gunung Tandikat (2.439) pada ketinggian 600 sampai 700 m diatas permukaan laut dan tentu nya suhu yang sejuk sangat membuat nyaman para Golfer. Lapangan golf kami merupakan satu satu nya lapangan golf ditengah hutan tropis alami di Indonesia, karena kami ingin membuat sebuah lapangan golf dengan menjaga lingkungan se asli mungkin.

disini hutan tropis hanya ditebangi bagian bagian yang ingin dijadikan fairways saja sedangkan sisa nya dibiarkan tetap hutan alami. berpindah dari satu hole ke hole yang lain dilakukan dengan berjalan melalui hutan.

Demikian pula dengan bangunan villa tetap mengedepan kan keaslian alam sekitar, Anai Resort akan tetap menjadi natural mountain resort bagi pecinta alam.

2. Air Terjun Lembah Anai

Padang Panjang.2

 

Cagar Alam Lembah Anai merupakan salah satu kawasan hutan lindung yang terdapat di Sumatra Barat. Kawasan ini memiliki hamparan hutan hujan tropik yang lebat dengan aneka ragam jenis flora dan fauna. Hutan yang terletak di jalan raya menghubungkan Kota Padang—Bukittinggi ini, ditetapkan sebagai kawasan konservasi cagar alam semenjak Kolonial Belanda Keindahan alam ,kekayaan flora dan fauna langka.

Keindahan alam yang dapat disaksikan, yaitu tiga air terjun dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan. Salah satu di antaranya terletak di pinggir jalan yaitu Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, dan dapat ditempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai. Keindahan panorama telaga sekitar 15 menit dari tepi jalan raya.

Flora salah satunya adalah bunga bangkai (amorphyphalus titanum). cangar, sapek, madang siapi-api (litsea adinantera), cubadak/cempedak air (artocarpus sp), madang babulu (gironniera nervosa), dan lain-lain.

Fauna , hewan langka yang hampir punah, di antaranya harimau sumatra (phantera tigris sumatrensis), rusa (cervius timorensis), siamang (hylobates syndactylus), kera ekor panjang (macaca fascicu- laris), beruk (macaca nemestrena), trenggiling (manis java- nica), kancil (tragulus sp), tapir, dan biawak. kera ekor panjang, siamang, dan beruk. Ketiga hewan ini selalu bergerak untuk mencari buah-buahan yang terdapat di kawasan hutan hingga ke pinggir jalan raya dan sering tampak oleh pengunjung.

Aneka burung, seperti elang (accipitriade sp), burung balam (bolumbidae), burung punai, dan burung puyuh. Berbagai macam kupu-kupu (troides neo miranda). Di dalam kawasan cagar alam terdapat beberapa tenda posko yang digunakan oleh tenaga konservasi Cagar Alam Lembah Anai.

3. Pusat Dokumentasi Minangkabau

Padang Panjang.3

 

PDIKM yang terletak berdampingan dengan objek wisata Perkampungan Minangkabau menyediakan berbagai informasi dan dokumentasi tentang sejarah dan budaya Minangkabau baik berupa buku-buku, mikrofilm, foto, dll. Dengan banyaknya koleksi literatur tentang Budaya Minangkabau yang dimiliki PDIKM, objek wisata ini banyak dikunjungi oleh mahasiswa dan peneliti dari seluruh nusantara bahkan mancanegara.

4. Pandai Sikek / Kain Songket

Padang Panjang.4

 

Siapa yang tak kenal dengan kain songket? Kain songket – kain khas bumi Minangkabau, mampu memukau mata yang memandangnya. Selain warna benangnya yang memukau, tenunannya pun sangat rumit. Diperlukan keahlian yang tinggi untuk membuat kain songket. Beruntunglah keahlian membuat kain songket ini tak hilang begitu saja. Masih ada orang Minang yang mewariskan kepandaian ini. Namun keahlian ini perlu dilestarikan agar tak lenyap dimakan sang waktu.

Kini, kita dapat melihat proses pembuatan kain songket di tempat aslinya. Tak percaya? Contohnya ada suatu kampung di daerah Padang Panjang yang bermata pencaharian menenun songket. Kampung ini dikenal sebagai Pandai Sikek, Kabupaten Tana Datar, Kecamatan Sepuluh Koto, Desa Koto Baru. Lokasi kampung itu tak sulit untuk ditemui. Bila Anda datang dari kota Padang, lokasinya tak jauh setelah melewati Lembah Anai sebelum masuk ke kota Bukit Tinggi – sekitar 15 menit dari Lembah Anai.

 

Kain songket terdiri dari tiga jenis yaitu benang satu, dua dan empat, harganya pun jauh berbeda. Benang satu itu jauh lebih mahal dibanding benang dua dan empat, karena Waktu yang diperlukan untuk menenunnya lebih lama. Tak hanya itu, membuat songket jenis benang satu ini diperlukan ketelitian yang tinggi karena dalam proses menenunnya, benang harus helai demi helai dimasukkan. Sedangkan untuk benang dua kira-kira perlu tiga minggu proses penenunannya dan benang empat hanya dua minggu saja.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: