RSS

Rental Mobil Kian Sepi Penyewa

03 Apr

Ghaisan Rental Mobil Padang – Meski pasarnya sedikit melorot pelaku bisnis sewa mobil di padang tetap meyakini konsumennya tak hilang. Meski diakui, kini harus berupaya lebih keras meyakinkan dan mendekati diri dengan pelanggan dan calon penyewa.

Hal tersebut diungkapkan Riki owner Cv.Ghaisan Auto Rental di Kota Padang. Pria ini memulai usaha rental mobil sejak tahun 2008 itu menyebut, tahun ini merupakan puncak melorotnya permintaan yang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Dari beberapa unit yang tersedia, hanya sekitar 50 – 75% yang rutin jalan. Padahal dulunya hampir semuanya atau rata-rata 95% dari semua unit kendaraan jalan di setiap harinya.”

Dia juga menjelaskan, meski sedikit, perusahaan jasa miliknya tetap mampu meraup keuntungan. Kebanyakan konsumen, kata Pak Wilman, memilih menyewa mobil dengan sistem lepas kunci / tanpa sopir ketimbang dengan sopir yang telah disediakan dari perusahaan Penyewaan Mobil di Padang.

“Sedangkan untuk mencari pelanggan saya mending fokus offline. Karena kalau lewat Online, harga akan juh menurun. Berbeda dengan tahun sebelumnya, disaat itu konsumen saya dapat justru dari online,” Ungkapnya.

Menurut Riki, tak hanya jumlah unit yang turun. Kini para pelanggannya juga cenderung memilih mobil dengan pilihan kelas ekonomi, seperti Avanza, Xenia atau Innova.

“Karena penurunan ini, kami juga mulai pilih-pilih pelanggan agar tidak mengambil resiko besar. Seperti tidak menyewakan perjalanan yang tidak jelas tujuannya, karena kebanyakan diantara tamu yang seperti itu mempunyai niat buruk tertentu seperti mau mencuri mobil dari sopir.

Sementara itu, Pak Man sebagai pemilik rental mobil di padang juga mengungkapkan situasi yang berbeda. Mengawali bisnis sewa mobil sejak 2002, tahun ini disebutnya sebagai periode pemulihan. Terbukti, akhir tahun 2016 lalu, dia menambah mobil sewa

“Dulu, saya cuma punya 2 unit. Akhir desember saya tambah 1 unit. Kini 3 unit mobil saya miliki dan tersewa sekitar 95% setiap harinya,” terang dia.

Pak Man mengakui, banyaknya kompetitor baru membuat persaingan jasa rental mobil kian ketat. Itulah yang disebutnya sebagai penyebab kebanyakan rental mobil sulit mendapat keuntungan yang lebih.

“Dan pelaku bisnis rental ini, kebanyakan mereka yang baru mendapat pesangon PHK di perusahaan. Mereka harus mengerti tentang resiko bisnis ini, tidak bisa asal melepas unit,” terangnya.

Menurut Pak Man, pengembangan bisnis yang dilakukan bukan berarti perusahaannya lepas dari badai ekonomi. Itu tergambar dari kecenderungan spesifikasi mobil yang diminta konsumen.

“Paling banyak menyewa mobil xenia, avanza. dan untuk sedikit lebih mahal yang dicari innova. Dari sini terlihat bila kebutuhannya masih yang menengah ke bawah,” jelasnya.

Perbedaan begitu terasa pada saat sepi peminat, jasa transportasi lewat modus penyewaan mobil tetaplah diyakini memilki pangsa pasar. Inovasi dan kehati-hatian menjadi modal utama.

“Prospek bisnis Rental masih bagus. Hanya saja, pelaku usaha juga harus teliti dengan memberikan sewa untuk menekan tingkat resiko dan terjadinya kerugian terhadap kehilangan nantinya.

Iklan
 
Komentar Dinonaktifkan pada Rental Mobil Kian Sepi Penyewa

Ditulis oleh pada 03/04/2017 in Artikel

 

Tag: , , , ,

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: