RSS

Membuat Bisnis Rental Tetap Berjalan Lancar

19 Apr

Ghaisan Rental, Padang – Konsumen biasanya menginginkan hal yang seba praktis. Termasuk dalam hal berkendara, terutama untuk perjalanan jauh. Peluang inilah yang dijadikan sebagai alasan untuk menjalankan bisnis rental mobil. Ditambah lagi geliat pariwisata yang semakin positif, menggunakan jasa rental konsumen bebas menentukan rute liburan. Atau bagi mereka yang sibuk tugas ke luar kota, merasa lebih leluasa dan nyaman memanfaatkan jasa rental mobil. Namun, untuk mendirikan sebuah usaha, pastinya mempunyai rintangan sendiri.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan bagi setiap pengusaha rental mobil untuk tetap bertahan. “Salah satunya dengan mengidentifikasi siklus bisnis dari masing-masing perusahaan. Misalnya, jika kita merentalkan mobil ke sejumlah industri sebaiknya pilih industri yang defensif. Artinya tidak mengalami kondisi pasang surut.”

Perusahaan yang bergerak di bidang makanan instan memiliki kestabilan bisnis yang lebih baik dibandingkan perusahaan yang menghasilkan produk-produk musiman seperti tekstil. Karena di saat perekonomian tegah terpuruk, perusahaan makanan instan umumnya tetap mampu bertahan.

“Demikian halnya juga perusahaan yang menghasilkan kebutuhan hidup sehari-hari seperti beras, sabun, pasta gigi, dan yang lainnya. Tentunya merentalkan mobil ke perusahaan tersebut kesinambungannya akan lebih terjaga. Coba bandingkan dengan menyewakan ke kontraktor yang kerjanya sangat bergantung dari proyek yang dikerjakan dan temporer.”

Tips selanjutnya adalah membangun relasi, promosi investasi yang tepat dan yang tak kalah penting memiliki manjemen keuangan yang baik. “Pastinya jangan coba-coba membeli mobil untuk disewakan dengan cara mecicil ditengah kondisi ekonomi yang serba sulit seperti saat ini. Terlebih jika mobil yang dibeli dan disewakan menjadi mobil satu-satunya. Terlalu beresiko dan tentunya bisa membuat kita bangkrut lebih cepat.”

Membeli mobil baru dengan sistem kredit inilah yang sering menyebabkan tak sedikit pengusaha rental mobil gulung tikar. padahal jika dihitung-hitung, membeli mobil baru dengan sistem kredit membutuhkan biaya besar. Belum lagi jika memulai usaha rental mobil yang tidak disertai dengan sistem marketing yang bagus, bisa-bisa perusahaan tidak akan sanggup untuk membayar cicilan mobil setiap bulannya.

Disisi lain, pemilik Sewa Mobil Padang Ghaisan Rental mengakui peluang usaha rental mobil cukup besar tetapi resikonya juga cukup besar. “Peluangnya karena banyak perusahaan swasta sekarang lebih memilih melakukan kontrak sewa mobil dari pada investasi mobil unuk perusahaannya. Selanjutnya saat memasuki libur nasional atau libur panjang permintaan pasti selalu tinggi,”katanya.

Adapun resikonya adalah soal penggelapan serta pencurian mobil dengan modus sewa. “Modus awalnya pembayaran lancar namun kemudian dilarikan,” pengusaha rental mobil harus menggunakan asuransi all risk juga pasang alat pemantau dan jangan mudah percaya pada tamu yang belum dikenal dan lepas kunci dengan alasan agar tamu banyak. Masuklah atau berhubungan dengan sekelompok sesama rental mobil jadi saling info dan kasih tamu atau penyewa mobil,”katanya.

Iklan
 
Komentar Dinonaktifkan pada Membuat Bisnis Rental Tetap Berjalan Lancar

Ditulis oleh pada 19/04/2017 in Artikel

 

Tag: , , , , , ,

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: